April 07, 2017

9 TIPS BEAUTY PRODUCT MURAH DAN ORIGINAL

Sudah pasti yang namanya Skin Care dan Make Up selalu masuk daftar belanjaan bulanan ya. Dan faktanya, kebutuhan wanita itu gak murah. Tapi gimana ya buat cewek-cewek yang hobi gonta-ganti skin care dan coba-coba berbagai jenis make up? Dengan seringnya berganti-ganti dan coba-coba tidak terasa harganya pun bervariasi hingga melebihi budget belanja dan kadang-kadang mubazir gara-gara beli lipstik merk A ternyata warnanya sama dengan lipstik merk B. Hayo siapa yang pernah begitu?? Jangan sampai nyesel, gara-gara budget skin care dan make up harus jebol, melebihi biaya makan sebulan, apalagi sampai harus mengurangi porsi dana darurat atau tabungan. Belajar lebih hemat yuk! dengan memilih produk kesayangan tetapi tetap original dan aman.

Kalau ceritanya kepingin cantik, sudah pasti pilihannya merk yang asli dan aman, atau Brand yang sudah terkenal, no KW, terdaftar di BPOM, distributor dan sellernya terpercaya. Itu saja gak cukup kalo buat saya, harga tetap perlu dipertimbangkan, apalagi buat para beauty blogger atau beauty enthusiast. Ada 10 kiat ala saya, gimana sih caranya dapetin Skin Care dan Make Up murah tapi original?

1. Pre Loved
Barang-barang pre Loved ini biasanya dalam kondisi masih baik atau baru sekali-dua kali pakai dan asli. Alasan menjual kembali skin care biasanya ada beberapa beauty blogger yang sekedar membeli untuk testing review tapi tetap pada skin care rutin yang biasa dipakai, atau bisa juga tidak cocok di kulit. Sedangkan make up biasanya selain tidak cocok di kulit juga persoalan warna yang tidak cocok antara warna make up dengan warna kulit.

Beberapa situs yang menjual barang-barang Preloved terpercaya diantaranya Shopee, Carousell, Tinkerlust, dll. Kualitas barang-barang preloved tidak di ragukan lagi, karena melalui proses sortir untuk keaslian dan kualitas dari barang yang dijual.

2. Skin Care Dupes
Bicara skin care dupes agak sulit, karena bicara soal kualitas. Skin care yang lebih murah belum tentu kualitasnya bisa sama dengan produk skin care yang mahal. Tapi, belum tentu juga, karena setiap kebutuhan dan kecocokan kulit secara pribadi masing-masing dapat menentukan produk skin care apa yang kita pilih tanpa memandang sebuah harga. Bisa jadi, kulit butuh rangkaian skin care yang lebih ringan karena kulit yang tidak bermasalah.
Banyak juga produk drug store yang lebih mahal dan lebih murah punya kualitas yang sama. Tipsnya, banyak membaca review sebuah produk agar kita dapat membandingkan kualitas dan harga.

3. Make Up Dupes 
Untuk menentukan make up dupes kebanyakan dari warna dan daya tahan. Misalnya warna lipstik, highlighter, foundation, dan beberapa warna eyeshadow atau blush on.
Hanya saja pertimbangan make up dupes tidak hanya dalam hal kesamaan warna tetapi juga soal daya tahan, kandungan bahan yang dipakai. 

4. Diskon atau Promo
Biasanya saya mendapatkan diskon atau promo di counter khusus brand kosmetik. Jadi misalnya dalam sebuah toko ada banyak stand brand seperti di toko matahari. Tapi, saya menghindari belanja make up di mall, saya lebih senang belanja produk kosmetik yang beberapa macam stand brand nya berada di sebuah toko bukan mall, disana ada banyak diskon, lebih murah dan banyak harga promo, dan tentu saja keasliannya terjamin.
Tips lain jika ingin belanja via online, ini lebih riskan karena pertimbangannya tidak hanya mencari produk yang sedang diskon atau promo, tetapi soal kepercayaan penjualnya. Pastikan distributor/seller yang dipilih sudah terpercaya. Hati-hati dengan keaslian make up dengan harga lebih murah 50%-70% ya.

5. Beauty Event
Biasanya event produk kecantikan ini berisi beauty class, tutorial make up, atau boleh lihat-lihat keunggulan dari sebuah produk pada saat event. Biasanya mereka akan bagikan sample, souvenir agar dapat dicoba secara gratis oleh pengunjung. Tapi event-event ini biasanya diadakan secara umum, undangan resmi untuk beauty blogger/ beauty enthusiast. Tapi gak papa juga sih undangannya tidak diberikan secara terbuka, karena kita juga bisa membaca dan melihat review produk dari event report para blogger atau vlogger. Dari sini kita akan bisa menyimpulkan apakah produk make up tersebut memiliki dupes dengan produk lain.

6. Lomba Blog
Lomba blog juga dapat menjadi alternatif untuk blogger, ada tipikal lomba yang mengirimkan sample terlebih dahulu ke beberapa blogger terpilih kemudian boleh mengikuti lomba. Ada juga ikut lomba dengan membeli produknya dan jika menang mendapatkan hadiah produk atau hampers dari sebuah brand.

7. Get a Review
Review skin care dan make up yang paling saya suka baca biasanya di Femaledaily atau Clozette, karena di sana lebih objektif penilaiannya. Kita bisa membaca komentar dan dapat membandingkan harga yang wajar dari sebuah produk. Review dari para blogger saya kurang menyarankan, karena biasanya review berisi keunggulan dan kelemahan sebuah produk saja tanpa mempertimbangkan sebuah harga.

8. Buy A Sample Size
Buat yang ingin coba-coba skin care, beli dulu sample size atau bisa juga di dapatkan secara gratis. Selain ukuran kecil lebih murah, juga mencegah mubazir jika produk yang digunakan tidak cocok.
Ada juga beberapa online shop yang juga khusus menjual sample produk-produk skin care dan make up. Beberapa toko kosmetik dan skin care asal Korea juga menyediakan sample size di counter mereka, karena masyarakat di sana gemar mencoba produk-produk kecantikan.

9. Aplikasi dan Website pembanding harga
Ada beberapa website pembanding harga untuk beberapa situs online jual beli agar dapat melihat dimana harga produk dijual lebih murah. Contohnya seperti PriceArea, Telunjuk, Priceza, IndoKatalog, dan lain-lain.
Menjadi cantik adalah wajib, tapi tidak lupa untuk menjadi lebih pintar dan bijak kelola keuangan meskipun tujuannya adalah untuk mempercantik diri. Mungkin teman-teman punya tips lain? sharing ya!

No comments:

Post a Comment