March 29, 2017

#SAYANGUANGNYA, BEBAS BIAYA ADMINISTRASI TABUNGAN DAN BIAYA TARIK TUNAI

Makin banyak orang pintar mencari pendapatan tambahan makin banyak orang jadi hobi belanja. Mulai dari diskon, cashback, aplikasi-aplikasi pengatur pengeluaran dari credit card sampai aplikasi belanja online paling hemat mulai bertaburan. Terutama bicara soal gaya hidup konsumtif di bidang fashion dan entertain paling tinggi di Indonesia (riset menurut Kadence Internasional Indonesia, 2015). Nah ini apaan lagi? di saat nasabah lagi pada ngeributin soal biaya tarik tunai, biaya cek saldo, biaya administrasi tabungan yang makin menjadi-jadi naiknya, muncullah solusi baru dari Permata Bank yang berani kasih buka rekening tanpa biaya ini itu dengan tips-tips hemat melalui gerakan kampanye #SayangUangnya.

Akhir-akhir ini saya gak sadar lho ternyata biaya administrasi tabungan setiap bulan cukup tinggi. Pantesan, laporan keuangan bulanan saya gak pernah balance di saldo bank ternyata lupa memasukkan biaya bank bulanan. Padahal, biaya administrasi bulanan di bank swasta cukup tinggi sekitar IDR 15.000 sampai dengan IDR 20.000 per bulan. Apalagi tarik tunai di ATM yang berbeda, bisa kena biaya sekitar IDR 7.500an. Belum lagi biaya-biaya top up pulsa, listrik, dan tagihan-tagihan lain yang dikenakan sekitar IDR 2.500 sampai dengan IDR 3000 per transaksi. Beneran deh bu ibu, jangan lupa untuk trace back biaya-biaya kecil beginian yang gak pernah keliatan di struk belanjaan, karena biaya-biaya kecil begini dikumpulin bisa jadi besar juga.

Jadi nih, kalo diitung-itung dalam setahun saya bisa mengeluarkan uang sekitar IDR 240.000 untuk biaya administrasi bank saja, belum biaya-biaya lainnya. Uang segitu kan sekarang lumayan banyak untuk  bisa diinvestasikan.

Dan, dengar-dengar rumor nih! ada beberapa bank yang sedang mengkaji biaya tarik tunai ATM minimal IDR 100.000 di bawah itu kena biaya, ada lagi yang sedang mengkaji biaya cek saldo, karena kabarnya pihak bank mengeluhkan beban operasional dari nasabah yang sering cek saldo lebih dari 10 sampai dengan lebih dari 20 kali dalam satu bulan, maka akan dikenakan biaya. Sepertinya, buat pedagang kudu lebih bijak menggunakan mesin ATM dan mulai beralih menggunakan mobile/ internet banking.

Tapi ada juga kabar gembira, beberapa bank sudah mulai menggratiskan biaya administrasi bulanan untuk jenis tabungan tertentu. Bahkan di tahun 2017, ibu menteri BUMN Rini Soemarno menetapkan tarik tunai ATM antar bank pelat merah gratis! Duh! disana gratis biaya administrasi tabungan, eh disini juga ada yang gratis biaya tarik tunai, masa uangnya dipecah-pecahin?

Ya enggak dong! Ternyata ada nih yang bebas biaya administrasi tabungan bulanan dan gratis biaya tarik tunai di ATM manapun dalam satu bank saja yaitu Permata Tabungan Bebas dari Permata Bank. Kan lumayan ya, bisa hemat IDR 240.000 per tahun dan ga perlu repot cari ATM 'sesama jenis' biar gratis. Gak cuma gratis administrasi tabungan dan gratis biaya tarik tunai tapi juga gratis biaya transfer online ke bank manapun. Ajib!


Yang gak kalah menarik adalah gerakan kampanye #SayangUangnya ini bisa menjadi inspirasi tips-tips hemat sehari-hari. Iseng-iseng baca postingan orang-orang di twitter dengan hashtag #SayangUangnya ini dipikir-pikir cukup menghibur juga, ternyata tips hemat gak cuma berlaku buat anak kuliahan, atau yang sedang efisiensi bisnis, tapi juga yang sudah berumah tangga, kiat-kiat berhematnya lebih ajaib. Mau ikutan gabung kampanye #SayangUangnya? kita bisa main ke sayangnya.com buat ikutan nge-twit tips hemat.

Gerakan #SayangUangnya dari Permata Bank ini juga bukan sekedar kampanye, tapi gerakan hemat ini disalurkan oleh Permata Bank dengan memberikan banyak cashback sebesar 10% untuk setiap transaksi di supermarket, toko online, dan SPBU setiap tanggal 17 dan 20 setiap bulannya. 

Sekedar tips, setiap saya ingin menabung saya selalu ingat menentukan tujuan dasar untuk menabung, karena setiap tabungan punya kelebihan dan kekurangan sesuai kriteria layanan yang diberikan bank dan tujuan kita menabung, apakah untuk mendapatkan keuntungan dengan bunga bank, apakah untuk bisnis dan usaha, apakah butuh dana endapan yang aman dengan bebas potongan biaya. Untuk Permata Tabungan Bebas selain menabung juga bagus untuk biaya darurat, biaya siap sedia untuk diskon musiman secara mendadak, jadi tabungan tidak harus tergerus biaya administrasi dan juga tidak mengganggu cash flow bulanan jika ditarik sewaktu-waktu. Hmm..jadi kepikiran gak sih, kepingin nabung disini?

No comments:

Post a Comment