March 22, 2017

TRADING SAHAM UNTUK INVESTOR PEMULA #1

Ada yang baru nih, di blog ini. Saya mau kasih tau, sekarang setiap artikel yang saya posting akan saya cantumkan financial benefit notes, alias berapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika kita berupaya untuk berhemat atau mendapatkan penghasilan. Dan, ada beberapa postingan yang sudah di publish yang sengaja saya edit untuk ditambahkan financial benefit notes di setiap akhir artikel, tujuannya untuk memahami keuntungan dari setiap upaya mengatur keuangan pribadi.

Ok, lanjut dengan topik SAHAM. Salah satu penghasilan yang menurut saya cukup mendongkrak penghasilan tambahan meskipun di rumah aja. Banyak yang nanya, kog enak sih duduk-duduk aja, kadang sambil tidur-tiduran seenak posisi foto ini ketika saya sedang leyeh-leyeh tapi sambil mikir juga sih! tetep bisa dapet uang, lumayan banyak lagi, lebih banyak daripada menjual kue dalam 1 hari. Untuk belajar seluk beluk saham cukup ribet sih ya, dan yang paling penting punya nyali untuk mengambil keputusan. Kalau kalian memang tertarik dan punya nyali boleh dicoba deh!


Pertama kali saya belajar tentang saham saya perlu tau dulu, saham itu mekanismenya bukan seperti judi juga bukan tebak-tebakan apalagi spekulasi, tapi ada ilmunya dan ada bentuknya. Ilmunya dalam bentuk chart analisis grafik harga, laporan keuangan dan isu-isu ekonomi terupdate, sedangkan bentuknya ada surat berharga, memang sekarang bentuknya tidak terlihat karena sudah dalam bentuk e-trading berupa angkanya saja, kalau jaman dulu surat berharganya di barter antara pembeli dan penjual, tentu itu gak efisien karena dokumen bisa hilang dan tidak praktis di kalkulasi secara manual.

Kedua, mindset dan kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Banyak banget orang kapok untuk bermain saham karena rugi, padahal kemampuan belajar saham secara teknis udah ok. Well, main saham ini cukup rumit karena disamping teknis juga faktor pengendalian emosi, mindset dan pintar mengambil keputusan kapan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar trading, management stress juga sangat berperan penting. Bukan ikut-ikutan teman, mereka lagi punya saham apa, tapi kepercayaan diri juga turut andil dalam membaca arah pergerakan saham ke depan. Intinya, kalau takut gak usah main, kalau ke PD an harus tetap waspada karena ilmu tidak menjamin trading 100% selalu untung, tetapi hanya meminimalisasi resiko dari kerugian. Sama seperti bisnis jual beli, ada untung ada rugi.

Ketiga, main saham itu investasi, bukan mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi pastikan uang yang dimainkan dipisah dengan uang kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari. Kalau saya menganggap uang saham itu uang hilang, jadi kalo sedang rugi gak stress karena nantinya dalam jangka panjang harga saham tetap naik, dengan kata lain meskipun rugi sekarang tetapi dalam satu tahun ke depan tetap meraup untung. Mungkin saja hari ini saya dapet untung luar biasa, berturut-turut setiap hari dapat untung, tetapi ada kalanya saya mengalami kerugian sehingga tidak dapat ambil keuntungan untuk beberapa bulan mendatang hingga harga saham beranjak naik kembali, selain itu saya juga sering dapat keuntungan deviden dari saham yang saya beli lho meskipun harga saham sedang turun dan rugi atau saya sedang tidak melakukan trading.


Ada beberapa teman sering meminta saya untuk diajarin main saham. Terus terang sih, saya cuma nyodorin buku untuk dipelajari sendiri karena ada beberapa istilah yang mungkin bakalan bingung kalau saya jelaskan dan mungkin bakalan nyerah duluan karena pusing. Dulu saya dan teman saya yang sukses dalam bidang ini pun belajar sendiri dan praktek sendiri, kalau tidak paham baru bertanya. Ada beberapa langkah yang saya rekomendasikan untuk bisa belajar trading saham.

1. Membeli buku trading saham untuk pemula.
Awal mula belajar untuk membuka ilmu adalah buku. Minimal saya tau semua istilah-istilah trading yang akan digunakan dalam bermain saham, dan istilah-istilah ekonomi. Dengan mengetahui istilah akan lebih mudah mempelajari strategi bermain. Setelah memahami istilah dan tata cara bermain bisa lanjut untuk belajar bagaimana cara membaca e-trading (itu lho angka-angka yang running di monitor) dan ada penjelasannya di dalam buku. Buku yang saya rekomendasikan adalah Smart Trader Not Gamblers oleh Ellen May.

2. Belajar membaca grafik untuk Teknikal Analisis.
Membaca grafik harga suatu saham adalah senjata bagaiman membaca arah pergerakan harga ayang akan terjadi. Dengan senjata ini kita bisa meminimalkan resiko kerugian. Belajar membaca grafik bisa membeli buku panduan atau ikut pelatihan, kursus, atau seminar. Sekedar tips, jangan keblinger sama puluhan analisis teknikal untuk dipelajari, karena trader sih biasanya cuma pakai 2 sampai dengan 3 analisis saja. Buku yang saya rekomendasikan adalah Technical Analysis for Mega Profit by Edianto Ong, buku karya lokal sangat saya rekomendasikan karena lebih practical sesuai dengan kondisi pasar saham di Indonesia.

3. Latihan dengan menggunakan Simulasi Trading.
Dulu saya belajar simulasi trading bursa Amerika (New York Stock Exchange) di fantasystockmarket.com (sekarang websitenya udah ga ada), kebayang kan ya ngikutin bursa saham Amerika saya kudu bangun tengah malam setiap hari buat ikutan simulasi, soalnya sarana-sarana belajar saham pada tahun 2005 waktu itu belum ada di Indonesia dan main saham belum nge-trend seperti sekarang ini. Tapi sekarang simulasi saham gratis di Indonesia sudah banyak, salah satunya bisa dibuka di Kontan Online.

4. Pintar membaca trend dan moment.
Saham apa yang lagi trend? untuk mengetahui info seputar saham apa yang sedang bagus untuk dibeli saya setiap hari main ke situs-situs di bawah ini:
Website.
Beberapa website yang paling saya suka adalah inilah.com, kontan.co.id, dsb untuk membaca berita pasar modal terupdate sekaligus rekomendasi saham yang bisa dibeli dari pakar analis saham.
Forum.
Ngobrol dengan sesama trader di forum juga seru banget buat berbagi tips, strategi, info-info bandar, dan bisa baca berbagai strategi analis di forum. Forum yang sering saya kunjungi adalah stockbit.com
Blog.
Ada juga blog dari passion sang penulis yang senang berbagi info analisis dan tips setiap hari sebagai masukan rekomendasi saham yang menarik. Salah satunya saya sering berkunjung ke angguntrader.blogspot.com
Info Corporate Action.
Jangan lupa untuk update saham apa saja yang sedang bagi-bagi deviden, laba rugi yang baru di publish, akuisisi/merger, right issue, dsb. Info ini bisa didapatkan dari berbagai media website atau platform e-trading.

5. Mindset.
Selebihnya adalah nyali dan seberapa pintar ambil keputusan dalam waktu yang tepat. Buat saya trading bisa bikin candu sih sepanjang tau triknya. Yang perlu diketahui trading itu tidak pernah ada kata bahagia, ketika dapat untung merasa kurang puas, ketika rugi ya jelas sedih ya. Hahah..ya gitulah manusia, kadang selalu merasa kurang dan tidak pernah merasa puas. Jadi pintar-pintar saja untuk selalu bersyukur berapapun keuntungan yang didapat.

Buat yang masih bingung belajar trading saham mulai dari mana, 5 langkah diatas bisa dijadikan acuan untuk belajar. Dan main saham dalam jangka panjang tidak pernah ada kata rugi sepanjang perusahaan yang diinvestasikan adalah perusahaan mapan dan tren IHSG cenderung selalu naik, jadi tidak seseram yang dibayangkan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi ada sistem autorejection sebagai pengawasan dari IDX, jadi tidak perlu khawatir soal aman atau tidaknya. Anggapan main saham itu bukan bakat atau punya 'feeling meramal' tetapi skill yang terus menerus perlu diasah. Jika sudah selesai belajar, next time saya akan sharing gimana trik main saham yang paling aman untuk pemula. Semoga bermanfaat ya!


No comments:

Post a Comment