October 21, 2016

BEBAS UANG TUNAI DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA DENGAN BCA.


Arah jarum jam terus berputar,

Tanpa perduli berapa banyak manusia yang bergegas menyambut aktivitas sesingkat mungkin, berburu masa depan sekilat mungkin, memenuhi kepuasan seinstan mungkin. Inovasi teknologi begitu deras mengisi kantung-kantung kehidupan setiap anak manusia. Perputaran uang semakin liar, fitu-fitur canggih semakin dahsyat untuk membangun kejayaan di semua lini kehidupan.

Berapa banyak wanita menjemput rezeki tidak harus meninggalkan kodrat sebagai wanita untuk mengurus rumah tangga. Berapa banyak ayah yang menunaikan kewajiban membayar kebutuhan listrik, air, dan pulsa tanpa beranjak antri meninggalkan pekerjaan kantor. Jutaan mesin ATM perlahan bertransformasi demi menjemput kemudahan setiap orang secara cepat untuk menabung, membayar berbagai keperluan dan juga begitu dekat dari kediaman. Berapa ribu penyandang cacat dapat berdiri secara mandiri menopang segala keperluan hidupnya dari bilik kamarnya. Ribuan hektar lahan terselamatkan berkat minimnya pemakaian kertas bukti transaksi dan minimnya pencetakan uang, jutaan liter minyak bumi selamat dari predikat langka berkat mudahnya transaksi online. Jutaan pengangguran tergantikan dengan pribadi mandiri sebagai start up membangun kerajaan bisnis. Peradaban baru dibidang ekonomi ditopang dengan sistem informasi yang begitu cepat dan mutakhir, turut andil meminimalisir kejahatan kriminalitas soal uang tunai.   

Siapa yang telah mengisi kekuatan di setiap sisi-sisi keterbatasan itu?

Sejak periode 2005, kebijakan Less Cash Society (LCS) atau transaksi non tunai secara bertahap mulai ditingkatkan hingga tahun ke depan. Bank Indonesia gencar mengkampanyekan gerakan uang non tunai dalam berbagai transaksi dan membuka mata kita lebar-lebar soal manfaat uang non tunai, 


Source: Sosialisasi GNNT (Gerakan Non Tunai) Bank Indonesia)
Indonesia masih tercatat 99% masih menggunakan uang tunai dalam tiap transaksi, berbeda dengan negara maju yang hampir 90% transaksi tanpa uang tunai. BCA turut memajukan Indonesia melalui #inovasiBCA dengan teknologi yang selalu update secara bertahap untuk turut memajukan Indonesia seperti negara-negara maju lainnya dengan sistem pembayaran yang modern tanpa uang tunai menjadi sebuah budaya baru menyongsong perkembangan teknologi di bidang finance.
Source: Negera dengan transaksi non tunai tertinggi katadata.co.id



BCA, Bank Central Asia, senantiasa mengiringi perjalanan penting dalam setiap kehidupan saya. Siapa yang tidak heran, bahwa #inovasiBCA hingga kini di tahun 2016, menyabet berbagai prestasi bergengsi dan penghargaan layanan perbankan terbaik dalam bidang inovasi digital dan teknologi. #InovasiBCA mampu mengiringi begitu banyak aktivitas kehidupan dari waktu ke waktu tanpa harus menghadirkan lembaran uang tunai. Perannya membawa saya sebagai nasabahnya sejak 7 tahun lamanya begitu setia dan menuai banyak harmoni cerita yang menarik untuk dikenang.
Gaji pertamaku dengan Tahapan BCA.
Tahun 2013 saya menamatkan pendidikan S1 dan mulai menjejakkan kaki dari Yogyakarta ke ibu kota. Panggilan wawancara kerja pertama saya sebagai auditor adalah langkah sejarah pertama dalam hidup yang tak dapat dilupakan.
Semuanya serba baru, teman baru, pengalaman baru, wawasan baru, gaji baru dan rekening baru. Bagian HRD kantor menyarankan saya untuk membuka rekening BCA untuk pengiriman gaji pertama saya. Saya datang ke kantor BCA untuk membuka rekening, staffnya ramah, pendaftarannya pun begitu cepat dan mudah. Ini pertama kalinya saya mempunyai buku tabungan, Tahapan BCA namanya, beserta Paspor BCA (Silver) yang difungsikan sebagai kartu ATM.
Sebenarnya Kartu ATM BCA ada tiga macam, yaitu Paspor BCA Silver, Paspor BCA Gold, dan Paspor BCA Platinum. Masing-masing kartu punya batas limit tersendiri untuk setiap transaksinya.  Untuk pertama kalinya saya memilih Paspor BCA Silver, karena memang saya pemula dan baru saja mencicipi gaji perdana.

Entah karena profesi atau memang kepribadian saya untuk selalu mencari tau keunggulan dari sesuatu yang baru. Tahapan BCA bukan sekedar buku tabungan biasa, bukan juga kartu ATM biasa. Bukan hanya sekedar tarik, setor, transfer dan sebagai alat pembayaran, tetapi juga saya otomatis terhubung dalam jaringan anggota komunitas Tahapan BCA dengan beragam profesi, selain itu Tahapan BCA juga dapat terintegrasi dengan fitur e-banking BCA maupun m-BCA.

Kartu PASPOR BCA (Silver) adalah kartu ATM BCA yang saya punya pertama kali. Jika dilihat secara seksama tulisannya bukan ATM BCA tapi PASPOR BCA yang merupakan keunggulan dibandingkan dengan ATM biasa. BCA ingin memperlihatkan secara jelas kepada nasabahnya bahwa pembayaran dengan menggunakan Paspor BCA ini sungguh mumpuni untuk digunakan di seluruh dunia. Traveling ke mancanegara lebih nyaman dengan mudahnya menemukan BCA untuk keperluan transaksi di seluruh dunia. Kenyamanan dan kemudahan memang menjadi andalan dalam satu kartu.


Begitu lengkapnya fitur dan #inovasiBCA hanya dalam satu kartu saja, sampai-sampai saya kebingungan jika tidak ada di dalam dompet keseharian saya.


Bisnis online pertamaku dengan Klik BCA.
Satu tahun telah berlalu, saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan memilih untuk berwiraswasta. Sebagai seorang start up, membuat draft design untuk webstore sepatu online adalah pengalaman bisnis pertama saya bersama BCA. Tentunya, tidak lupa logo BCA menghiasi jendela online store saya sebagai media pembayaran online.

Saya datang ke kantor cabang BCA terdekat, dan untuk pertama kalinya saya mengaktifkan layanan klikBCA dan buku tabungan Tapres. Pemberian token atau key BCA membuat saya percaya soal kemanan transaksi yang diberikan. Tapres BCA ini juga sangat menarik buat saya, bukan hanya soal selalu terkoneksi dengan e-banking BCA saja tetapi semakin tinggi saldo tabungan, semakin tinggi bunga yang saya dapatkan, tentu dengan begini memotivasi saya untuk semangat menabung lebih banyak dan lebih sering, apalagi saya senang mengumpulkan dana darurat saya di Tapres BCA ini, supaya dana darurat saya tidak diam saja tetapi semakin bertambah. Semakin banyak tau berbagai macam layanan dan produk BCA, semakin banyak fitur-fitur menguntungkan yang diberikan BCA untuk melipatgandakan tabungan.

Fitur klikBCA sangat mudah digunakan, sangat lengkap dan praktis untuk berbagai aktivitas pembayaran. Saya menggunakannya untuk kepentingan membayar supplier bahan baku sepatu dan berbagai vendor. Mengerjakan semua pekerjaan bisnis hanya dari bilik kamar dan sebuah laptop bukanlah hal yang ajaib dan mengherankan. Efektifitas modal keuangan bagi start up seperti saya lebih terjaga efesiensinya dari segi waktu dan biaya mobilitas. Pesanan pelanggan mulai berdatangan, satu per satu penghasilan saya masuk melalui rekening BCA. Tawaran kerjasama untuk memasarkan datang. Kemudahan klikBCA membuat saya dapat memantau begitu banyak transaksi hanya dalam satu platform.

Tidak hanya soal kemudahan dan kenyamanan dalam transaksi, dengan menggunakan KlikBCA saya bisa membuka rekening baru secara online. Caranya dengan mengisi formulir pembukaan rekening baru via online disini, dan mendapatkan nomor referensi yang akan saya serahkan ke Customer Service di cabang BCA terdekat.

Namun sayang, perjalanan bisnis ini tidak seindah seperti apa yang dibayangkan. Beberapa kendala dan keadaan seperti rencana menikah dan sulitnya menemukan pengrajin sepatu pengganti memaksa saya untuk menghentikan kegiatan bisnis saya. Namun bukan berarti kegagalan membuat saya patah semangat tetapi juga pengalaman dan wawasan sebagai sarana pembelajaran untuk bangkit kembali membangun bisnis yang lebih baik. Jika saya tidak memulainya mungkin saya tidak kenal dengan fitur KlikBCA yang sampai sekarang masih aktif dan setia memenuhi berbagai keperluan transaksi online saya. Kisah saya sebagai ibu rumah tangga tidak memupuskan impian saya kelak untuk berwirausaha kembali. Dengan mengetahui fitur-fitur KlikBCA, merupakan pilihan utama yang akan mengiringi perjalanan bisnis saya ke depan. Dengan KlikBCA, saya bebas uang tunai!


Konsep pernikahan suksesku dengan Debit BCA.
Bagi wanita, siapa yang tidak ingin mempunyai konsep pernikahan yang indah bak Cinderella? Begitu juga saya. Konsep pernikahan sebagian besar saya jalankan sendiri, mulai dengan memilih vendor catering makanan, pakaian pengantin, Event Organizer, Gedung, Cetak Undangan, Souvenir cantik dan lain sebagainya. Dengan Debit BCA, saya tidak kerepotan membawa uang tunai dalam jumlah besar dan tentu saja lebih aman untuk transaksi pembayaran vendor pernikahan saya.
Deadline waktu persiapan membuat saya sedikit stress. Alhamdulillah, semua terbayar tepat waktu sampai dengan hari H pernikahan tanpa ada kendala apapun berkat BCA yang memudahkan saya melakukan transaksi ke berbagai vendor pernikahan saya. Saya juga memakai klikBCA tanpa harus menghabiskan waktu bertatap muka dalam pembayaran, tanpa menghabiskan banyak biaya akomodasi, dan tanpa repot membawa uang tunai. Dari rumah, semua bisa dibereskan. Kehadiran BCA begitu berkesan, mengisi moment paling penting dan bahagia dalam hidup saya. Dengan Debit BCA, saya bebas uang tunai!


Belanja ringkas dengan Tunai BCA.
Mungkin tidak banyak nasabah yang mengerti apa itu Tunai BCA? Dengan menggunakan kartu Paspor BCA saya dapat melakukan tarik tunai tanpa harus pergi ke bank atau ATM. Cukup gunakan Paspor BCA di merchant-merchant bertanda “Tunai BCA”.  Sambil membayar belanjaan dengan Debit BCA/ Paspor BCA saya juga dapat sekalian tarik tunai. Untuk seorang ibu seperti saya yang ribet banget belanja sambil menggendong anak, Tunai BCA bisa dijadikan alternatif pilihan.


Kredit mobil pertamaku dengan Kredit BCA.
Jadi ingat, pacar saya dulu yang sekarang telah menjadi suami saya memutuskan untuk membeli mobil secara kredit dengan tujuan memberikan kemudahan dan rasa nyaman untuk mengantarkan saya kemana-mana soal urusan persiapan pernikahan sampai saya memasuki masa-masa kehamilan, mobilitas sudah pasti suami ingin memberikan saya kenyamanan demi sang buah hatinya juga.


Ini pertama kalinya suami saya menggunakan kredit BCA, ia memilih metode pembiayaan Car Financing. Eh! Sudah tau belum kalo di www.bca.co.id ada simulasi perhitungan cicilannya dalam berbagai metode pembiayaan lho, bisa dilihat disini.


Kenapa suami saya pilih Kredit BCA?
Yang jelas pertimbangannya adalah selama masa peminjaman, jumlah angsuran tidak akan berubah di waktu tertentu, suku bunga flat, syarat dan pengajuan mudah dan cepat, pembayaran angsuran praktis karena autodebit dari rekening BCA yang kita miliki. Dengan fitur autodebit Kredit BCA, suami saya bebas uang tunai!

Traveling nyaman dengan BCA mobile.
Pengalaman traveling gak pernah rusak momentnya dengan BCA mobile. GPS tidak bisa aktif karena kehabisan pulsa internet, di jalan tidak ada ATM untuk isi ulang pulsa. Satu-satunya cara hanya m-BCA yang menjadi solusi setiap transaksi saya, laksana ATM pribadi di ponsel pribadi saya. Saya tidak takut kehabisan pulsa atau top up Flazz.
Perjalanan menyenangkan meskipun terkendala macet, bank tutup, atau no ATM di daerah terpencil sekalipun. Keperluan transaksi dilayani BCA selama 24 jam setiap hari dimana saja dan kapan saja. Dengan layanan m-BCA saya bebas uang tunai.

Antara Freelance, pelanggan dan EDC BCA. 
Setelah beberapa bulan pasca melahirkan saya ditawari bekerja freelance di bagian keuangan hotel milik tante saya. Hotel tante saya waktu itu masih baru, belum ada sistem keuangan yang mumpuni, semua transaksi pembayaran dilakukan secara tunai. Saya membantu membuat sistem informasi keuangan agar menjadi lebih rapih dan aman.

Banyak wisatawan asing yang menginap di hotel ini, dan tentu saja mereka kesulitan membayar dengan uang tunai. Apalagi jika mereka check in di atas jam 12 malam. Demi kenyamanan tamu hotel, mulailah saya berkenalan dengan sistem EDC dari BCA.

Ternyata sistem ini sangat memudahkan tamu yang biasanya tidak membawa uang tunai. Dan rating hotel tante saya meningkat versi booking.com, berkat salah satunya adalah kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan pembayaran melalui EDC dari BCA ini. Dengan EDC-BCA, pelanggan bebas uang tunai!


Merancang masa depan bersama produk investasi BCA.
Kini saya mempunyai seorang anak, ada yang harus saya lindungi masa depannya, yang tentu saja adalah perencanaan kebutuhan pendidikan dan fasilitas untuk si buah hati. BCA menawarkan berbagai pilihan jenis investasi dan berbagai fitur tabungan pendidikan. Di BCA ada Deposito Berjangka, Reksadana, Obligasi, dan Asuransi. Ada Simpel (Tabungan Simpanan Pelajar), yang nantinya akan saya berikan untuk anak saya ketika masuk sekolah, agar ia mengenal pendidikan manajemen keuangan sejak dini.
Alasan mengapa BCA merupakan partner andalan saya dalam hal keuangan adalah:
1. Bebas uang tunai.
Berkat #inovasiBCA dalam bidang teknologi, transaksi dapat dilakukan secara online atau elektronik baik menggunakan kartu flazz, Sakuku, Mobile BCA via handphone maupun akses internet melalui KlikBCA. Tanpa uang tunai, keamanan nasabah secara keuangan lebih terjamin.
2. Buku Tabungan dengan tawaran suku bunga yang menarik.
Suku bunga yang tinggi memotivasi saya untuk menabung lebih banyak. Tidak hanya suku bunga tabungan tetapi suku bunga kredit yang Flat dan tidak membebani nasabah terlalu berat.
3. Pelayanan ramah, mudah, nyaman dan cepat.
Customer service yang ramah, melakukan transaksi dengan aman dan nyaman, proses pembukaan rekening dan pengajuan segala macam kredit sangat mudah dan cepat.
4. Banyak tawaran diskon, promo, hadiah, dan cashback!
Bagi seorang ibu rumah tangga, potongan harga saat belanja adalah penting. BCA sangat sering menawarkan berbagai diskon, cashback di supermarket, restoran atau cafe, hotel, tiket, atau salon and spa dan tempat hiburan.
5. Transaksi aman dan nyaman.
BCA selalu melindungi nasabah lewat fitur proteksi kerahasiaan Password secara online, maupun membantu kesulitan nasabah setiap saat melalui HaloBCA, membuat nasabah merasa aman dan nyaman. BCA juga mempunyai layanan Deposit Safe Box untuk menyimpan secara aman berbagai barang penting dan berharga.
6. Tersedia asuransi, dan investasi.
BCA menyediakan fasilitas asuransi dan berbagai macam investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang dan menawarkan keuntungan yang menarik untuk hasil investasi dan asuransi.
7. Jaringan ATM yang luas, nyaman dan moderen.
ATM BCA merupakan ATM terbanyak dan terjangkau di berbagai tempat. Mesin ATM modern dengan berbagai macam layanan seperti tarik tunai, transfer, transaksi pembayaran, setor uang tunai, dan Print buku tabungan tanpa harus antri atau pergi ke bank.
8. Partner bisnis yang menyenangkan.
Dengan menggunakan fasilitas BCA baik nasabah maupun pelanggan bisnis memudahkan berbagai macam transaksi dan pembayaran.

Karena saya terkadang tidak menyangka, bahwa hanya satu produk BCA saja dapat membuat begitu banyak cerita dan berbagai aktivitas yang menghiasi keseharian saya, kemarin, hari ini dan masa depan. BCA membuat setiap perjalanan hidup menjadi begitu mudah, cepat dan ringkas. Mengikis rasa khawatir di dalam hati dengan proteksi untuk transaksi yang nyaman dan aman. Menanamkan rasa percaya pada setiap nasabahnya tanpa ragu.  Tidak sabar, waktu terus bergulir, cerita di masa yang akan datang bersama dengan BCA akan terus menorehkan sejarah di dalam kehidupan setiap nasabah.

Seiring jarum jam berdetik,
Ada kisah haru dan bahagia yang datang silih berganti dari masa ke masa, namun BCA senantiasa di sisi saya. #MyBCAexperience #inovasiBCA

*)Note: Foto dan karya tulisan adalah milik penulis. Artikel di publish pada tanggal 22 Oktober 2016. 


berpartisipasi dalam "My BCA Experience" Blog Competition

1 comment: