August 25, 2016

Wujudkan Impian,dalam Satu Genggaman!


Never depend on Single Income,
make investment to create a second source.
-Warren Buffet-
Quote di atas bukan sekedar isapan jempol dari seorang investor besar seperti Warren Buffet, tidak sedikit kesuksesan investasi juga dinikmati oleh wanita-wanita hebat asal Indonesia seperti Ellen May, Linda Lee dan ibu saya sendiri. Ibu saya adalah role model dalam hidup saya, meskipun ibu rumah tangga mampu membeli rumah mewah impian murni dari hasil berinvestasi baik sebagai trader jangka pendek maupun jangka panjang selama 10 tahun. Hingga sekarang ibunda saya (berumur 54 thn) masih mengumpulkan keuntungan investasi demi mimpi untuk membangun rumah keduanya. Saya mengikuti jejaknya dengan sedini mungkin berinvestasi selama 7 tahun sebagai trader saham maupun Investasi Reksadana sejak kuliah, bekerja di kantor hingga kini memutuskan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Meskipun menjadi ibu rumah tangga penghasilan saya tidak kalah banyak dengan gaji karyawan. Melalui investasi saya bisa membantu keuangan suami untuk mendanai kebutuhan tambahan sebesar 30% dari hasil investasi saham dan Reksadana untuk anak saya dan keperluan saya sendiri, dan sisanya saya investasikan kembali untuk wujudkan impian saya membeli rumah idaman dan mencukupi biaya pendidikan untuk masa depan si kecil. 


Investasi?Saham?Reksadana?Apa itu? 
Saya seorang ibu rumah tangga dengan seorang anak berusia 1 tahun, kami berdua ditinggal di Indonesia oleh suami untuk melanjutkan jenjang studi S3 di Korea Selatan selama 5 tahun.  Biaya hidup bersama di negeri Gingseng tidaklah cukup, karena suami hanya mampu mencukupi kebutuhan dirinya melalui beasiswa, sedangkan biaya untuk keluarga beliau berjuang dengan kerasnya bekerja paruh waktu. Tentunya, saya sebagai seorang ibu sekaligus asisten keuangan dalam rumah tangga cukup berpikir keras demi mencapai masa depan yang lebih baik. Bekerja kembali sebagai karyawan bukanlah pilihan, karena mendampingi masa "Golden Age" anak tidak dapat terulang kembali, apalagi tanpa figur seorang ayah. Mampukah saya, berjuang untuk wujudkan mimpi tanpa bekerja, tanpa meninggalkan anak saya tanpa kedua orang tuanya? Ketika seorang Warren Buffet menjadi orang terkaya di dunia hanya dengan memulai berinvestasi di umur 11 tahun bukanlah cerita bagai seorang pungguk yang merindukan bulan.

"Jangan gadaikan kesehatan kita untuk mengejar setumpuk uang dengan bekerja 24 jam setiap hari, jangan gadaikan waktu kebersamaan dengan keluarga kita dengan pekerjaan yang membabi buta, cukup dalam satu genggaman ,bebaskan diri kita dengan memanfaatkan tabungan untuk meraih impian, bebaskan diri kita dari kebangkrutan di hari tua dengan berinvestasi. Jadikan uang sebagai karyawan terbaik dalam hidup untuk membeli masa depan yang lebih baik. Dimulai dari sekarang, jika tidak, lambat laun waktulah yang akan menghabisi diri kita. Perlahan tapi pasti."

Apa dan bagaimana caranya? Yuk, cari tau! demi wujudkan impian!

Pertama, yang harus kita ketahui menabung saja tidak cukup, dan resiko yang harus kita hadapi adalah inflasi yang terus menerus menggerus nilai tabungan kita di masa depan, bekerja 24 jam demi penghasilan tambahan tidaklah baik untuk kesehatan, sedangkan kita paham betul bahwa investasi adalah nutrisi penting agar mencapai keuangan yang sehat untuk mewujudkan mimpi masa depan. Intinya investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat akan mendapat keuntungan finansial di masa yang akan datang. Jadi jelas kan, mengandalkan tabungan saja gak bakalan pernah bisa wujudkan impian seperti beli rumah idaman yang kita inginkan.

Kedua, pahami diri kita sendiri apakah kita termasuk risk taker atau risk averse. Jika kita termasuk tipe risk taker pilihlah investasi saham yang sifatnya trading harian dengan tingkat volatilitas market yang tinggi tetapi dengan keuntungan sekaligus kerugian 100% milik kita. Jika kita termasuk risk averse pilihlah investasi reksadana dengan memilih dan mempercayakan Manajer Investasi (MI) yang menurut kita OK untuk memutarkan dana investasi kita, kita tinggal duduk manis atau menjalankan aktivitas lain apapun profesi kita tanpa rasa khawatir uang kita hilang, tetapi keuntungan tidak 100% ya, melainkan persentase dibagi dengan MI juga.

Nah, asyiknya nih, ternyata Phillips Securities Indonesia menyediakan kemudahan berinvestasi reksadana dengan teknologi canggih berbasis online dengan nama POEMS ProFunds.

Kini dengan POEMS ProFunds saya dapat melakukan kemudahan transaksi saham dan reksadana secara online dalam SATU aplikasi, SATU platform, SATU akun, dan SATU genggaman, ringkas namun kaya keunggulannya yang tidak dimiliki oleh Investasi Online Trading lain. Tidak heran mengapa POEMS ProFunds dari Phillip Securities Indonesia ini mendapatkan Online Trading Terbaik 2015 versi Majalah Investor dan Beritasatu.com. Pengalaman saya selama 7 tahun berjibaku di dunia investasi, POEMS adalah satu-satunya terobosan baru investasi online trading pertama di Indonesia yang menyediakan fitur investasi saham dan reksadana dalam satu akun, selain itu banyak sekali fitur-fitur cerdas dari POEMS untuk memaksimalkan return portofolio investasi saya. POEMS ini saya bagi ke dalam 3 keunggulan yaitu Kemudahan, Keamanan, dan Keuntungan. Mau tau keunggulannya?

1. Kemudahan dalam bertransaksi.

Applicable for all gadget.

Aplikasi POEMS bisa dipasang dimana aja, Blackberry, Smart Phone, maupun Laptop bahkan kita bisa trading via website tanpa aplikasinya lho. Meskipun saya mobile untuk jalan-jalan, belanja, atau cuma sekedar makan dan nongkrong bareng teman saya bisa sambil memonitor dan trading investasi saya kapanpun dan dimanapun saya berada.


Ternyata jalan-jalan aja bisa dapet uang juga ya! Amazing! Kamu bisa mendapatkan aplikasinya di App World atau disini kalo gak mau download juga bisa trading langsung via websitenya .

Fitur SMART START untuk Reksadana Online.
Kamu newbie? pelajar? atau gak punya basic analitycal skill sampai tingkat expert soal ekonomi dan investasi? bingung mau pilih reksadana yang mana yang sesuai dengan profil resiko kamu? gak usah khawatir terlihat bodoh dan bingung karna Phillips Securities Indonesia menyediakan fitur SMART START untuk Reksadana Online.
 
Apa itu SMART START? Melalui fitur ini, tim riset dari Phillips Securities Indonesia membantu saya untuk merekomendasikan tiga paket berdasarkan tingkat resiko yang setiap paketnya terdiri dari berbagai reksadana pilihan. Ketiga jenis resiko ini perinsipnya, semakin rendah tingkat resiko, maka semakin rendah return/ keuntungan investasi yang diperoleh, begitu juga sebaliknya. Sesuaikan saja, yang mana profil resiko yang paling sesuai dengan kemampuan diri. Saya tinggal pilih deh reksadana yang ok dari rekomendasi mereka. Gampang kan? dan dari pengalaman saya, saya gak perlu ribet ketemu sales marketing dari pihak sekuritas untuk minta rekomendasi by lisan bertele-tele yang bikin saya sakit kepala dan tambah bingung (yang ini bagus bu, yang itu juga bagus bu, atau yang ini bu, banyak banget bok yang diriview!) Lewat POEMS saya cukup buka aplikasi POEMS ProFunds dengan 2 Step aja. Pilih jenis investasi sesuai karakter tingkat resiko kita (Conservative, Moderate, atau Aggressive), dan pelajari reksadana terbaik yang sudah direkomendasikan oleh tim riset Phillips, lalu cus transaksi! Cuma 2 Step aja!!

STEP 1
(Tampilan SMART START)

 STEP 2
(Tampilan Rekomendasi Produk Reksadana)
Modal bisa dimulai dari Rp.100.000 saja.
Pernah gak sih kita merasa mengeluarkan uang untuk sekedar beli minuman favorit atau kue terenak seharga Rp.100.000 di tempat nongkrong kesayangan kita? Mba-mba atau mas-mas yang masih kuliah pahami bahwa mengubah gaya hidup dan mindset untuk menunda kesenangan demi meraih kesenangan yang lebih besar lagi itu challenge! Berawal dari investasi Rp. 100.000 per bulan aja kita bisa wujudkan mimpi beli kendaraan keren kita sendiri, apalagi jika kita bisa menyisihkan uang lebih besar lagi, bukan tidak mungkin di usia muda kita bisa punya rumah idaman. Ah! Pokoknya mah, investasi gak perlu modal harus besar yang penting bagaimana cara kita merubah mindset dan gaya hidup yang lebih bijak. Besar dan kecilnya modal hanyalah masalah waktu untuk cepat atau lambatnya wujudkan impian.

Investasi Reksadana apa yang bisa dimulai cuma dari Rp. 100.000 saja?
Salah satunya adalah dengan memilih produk Reksadana dari Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), di MAMI banyak banget jenis-jenis Reksadana yang bisa saya pilih di Manulife sesuai dengan jenis karakter investasi saya. Kalau saya, saya pilih produk Reksadana  yang beresiko tinggi dengan tingkat return tinggi seperti Manulife Saham SMC Plus dengan tingkat return hampir 30% per tahun (artinya dengan modal Rp100.000 uang saya menjadi Rp7.800.000 bahkan lebih utnuk 5 tahun yang akan datang). Dan saya juga bisa pilih dengan tingkat resiko kecil seperti Manulife Obligasi Unggulan dengan tingkat return 21% per tahun atau setara dengan Rp 7.260.000 untuk 5 tahun ke depan. Semua ini bisa kita dapatkan hanya dengan berinvestasi sebesar Rp.100.000 per bulan saja, hasilnya tidak sedahsyat kita menabung atau deposito kan? apalagi kita bisa investasi lebih dari Rp.100.000 per bulan makin besar untungnya makin cepat wujudkan impian. Dengan aplikasi POEMS ProFunds di smartphone saya tidak hanya soal kemudahan transaksi, tapi semua informasi soal berbagai pilihan Reksadana seperti profile, tingkat keuntungan, prospektus, lengkap deh semua ada di aplikasi ini, gak bawa laptop pun saya bisa baca-baca informasi seputar reksadana dimanapun saya berada. Keren kan? daripada saya install game buat ngabisin kuota, mendingan install POEMS ProFunds aja di Smartphone buat dapet penghasilan tiap bulan, biarkan uang yang bekerja untuk saya.



Investasi Reksadana Online lebih mudah hanya dalam genggaman dan modalnya tidak besar. Yaudah tunggu apalagi jangan bengong buat nongkrongin uang di tabungan aja, ayo ikutan Reksadana Online. Cara setor dan buka akunnya bisa via online kesini ya.

2. Keamanan dalam bertransaksi.

Sistem transaksi aman.
POEMS memiliki teknologi mutakhir untuk melindungi transaksi nasabah pada saat input dan order. Sistem transaksi nasabah telah terproteksi oleh teknologi SSL (Secure Socket Layer) 256 bit. Jadi gak perlu khawatir soal keamanan bertransaksi, uang tetap terjaga dengan baik.

Melindungi modal investasi dari resiko kerugian yang sangat besar.
Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang punya segudang kegiatan dan kesibukan yang sangat padat, dan yang paling membuat saya sibuk adalah mengasuh anak tanpa pengasuh atau asisten rumah tangga, tentunya semua tugas-tugas rumah dan mengasuh anak saya jalankan sendiri sebagai seorang ibu. Dulu, saya sempat berhenti trading online, karena kesibukan sebagai ibu rumah tangga, saya tidak sempat memonitor investasi saham saya per detik di depan laptop, tidak bisa mantengin pergerakan saham terus menerus sepanjang hari, sehingga dapat memperbesar kerugian saya dalam trading saham. Beruntung ada POEMS! Jadi saya bisa dapat penghasilan setiap hari sambil mengasuh anak di rumah.
 
Takut RESIKO rugi? No! 
Sekarang saya tidak pernah takut lagi yang namanya rugi dalam trading saham, karena POEMS memiliki fitur canggih yang dapat melindungi modal investasi saya dari kerugian, teknologi itu disebut SMART ORDER dan SMART SAFE.

Apa itu SMART ORDER?
Sebagai seorang trader saham, disiplin dan konsisten adalah salah satu kunci kesuksesan dalam berinvestasi. Sebelum tidur pada malam hari saya rutin meriview dan merencanakan saham-saham terbaik yang dapat saya beli untuk keesokan harinya. Informasi berbagai tools analisis lengkap disediakan oleh POEMS dan fitur SMART ORDER membantu saya menentukan di harga berapa saham yang harus saya beli, dan di harga berapa saya harus menjual saham saya. Menentukan harga jual bagi saya adalah ujung tombak kesuksesan trading, karena dengan menentukan harga jual saya dapat menentukan seberapa banyak keuntungan yang bisa saya raih dan seberapa besar resiko kerugian yang bisa saya minimalkan. Nah, saya bisa setting harga jual dan harga beli pada malam hari atau pagi hari melalui fitur SMART ORDER ini, sebelum bursa opening jam 09.00 pagi, terserah deh suka-suka kita kapan kita bisa setting harga jual dan belinya. Setelah setting kapan, berapa, dan jumlahnya bisa kita tinggal deh untuk aktivitas lain, gak perlu mikir-mikir lagi, ditinggal jalan-jalan atau tidur juga boleh karna fitur SMART ORDER inilah yang bekerja secara otomatis mentradingkan investasi kita.

Duh, gimana dong kalo kecolongan harga saham tiba-tiba jatuh pas kita lagi sibuk dan gak sempet jual? tenang..karna kita sudah disiplin dan konsisten melakukan Trading Plan dengan cara setting harga jual berdasarkan waktu yang kita set sebelumnya maka POEMS lewat fitur SMART SAFE nya secara otomatis menjualkan saham yang kita setting kan tadi (istilah trader artinya "Trailling Stop"). Jadi, modal kita benar-benar aman banget tidak tergerus kerugian karna ada sistem cut loss secara otomatis, berkat fitur POEMS gak ada lagi deh ketakutan seperti kata orang "trading saham uangnya bisa habis atau ilang gara-gara rugi."

Begitu juga dengan reksadana, hampir sama dengan investasi saham, saya bisa setting kapan dan berapa jumlah yang ingin saya investasikan. Fitur transaksi otomatis untuk reksadana online ini disebut dengan SMART PLAN, hampir mirip dengan SMART ORDER tapi lebih praktis dan caranya gampang banget.  Berikut tampilan SMART PLAN di POEMS ProFunds :

3. Keuntungan dalam bertransaksi
Siapa yang gak suka gratisan?Ya, Phillips Reksadanaku juga menyediakan gratis biaya pembelian dan biaya penjualan kembali.

Hemat Waktu dan Energi
Selain itu hemat waktu dan energi, karena saya cukup setor uang ke RDI sebagai rekening pembayaran jadi saya tidak perlu lagi setor dana ke berbagai rekening bank sesuai dengan reksadana yang dipilih. Begitu juga jika saya ingin Top Up atau Redemption semua dilakukan secara online. Mudah bukan? berkat teknologi, hanya dalam satu genggaman kita bisa melakukan banyak aktivitas menguntungkan.

Fitur AutoSweep
Fitur autosweep ini keren banget! jadi tabungan saya yang nganggur di RDI bisa otomatis masuk ke reksadana dengan cara klik "Autosweep" di pojok kanan atas pada aplikasi POEMS ProFunds. Tinggal Apply aja kapan mau di tradingkan dan dapet penghasilan lagi deh!


Itulah sebabnya mengapa saya sangat tertarik memindahkan dana investasi saya ke Phillips Securities Indonesia, karna kecanggihan teknologi POEMS ProFunds memberikan proteksi keamanan, kemudahan dan kenyamanan bertransaksi serta memaksimalkan keuntungan/return protofolio investasi dalam satu genggaman yang tidak dapat diberikan oleh sekuritas lain dan teknologi ini sangat memudahkan saya untuk mendapatkan penghasilan setiap hari meskipun aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga sangat padat.

Oya, saya mau kasih sedikit tips investasi ala saya, mudah-mudahan bermanfaat:
1. Tetapkan tujuan. Sebelum investasi tetapkanlah tujuan kira-kira 5 atau 10 tahun ke depan apa yang ingin kita capai?
2. Perjuangkanlah dengan motivasi. Motivasi ini bisa dibangun dengan cara mencari role model/inspirasi dari orang-orang yang telah sukses berinvestasi, sehingga untuk wujudkan impian melalui investasi itu bukan PHP alias Pemberi Harapan Palsu tapi benar-benar bisa diwujudkan.
3. Disiplin. Disiplin berinvestasi ini sangat banyak manfaatnya. Pertama, kita punya target setiap bulan berapa banyak uang yang kita ingin investasikan dari total gaji/ penghasilan, investasikan terlebih dahulu, baru belanja kemudian. Kedua, disiplin untuk membelanjakan uang, setiap kita ingin mengeluarkan uang sebesar Rp. 100.000 kudu mikir beratus-ratus kali kalo perlu. Apakah si Rp. 100.000 ini benar-benar di gunakan untuk kebutuhan atau tidak.
4. Membangun mindset. Buat ibu-ibu yang sering lapar mata buat shopping, sebelum pergi belanja kenyangkanlah perut dengan makanan, karna secara psikologis ada pengaruh antara nafsu makan dengan nafsu belanja, dan penting banget membuat daftar belanja sebelum berbelanja. Yang namanya membangun mindset dalam berinvestasi harus tega meninggalkan segala pengeluaran yang tidak perlu.
5. Bijak menggunakan hasil investasi. Misalnya dalam 1 tahun kita dapet keuntungan investasi bersih sebesar Rp.300.000. Jangan langsung diambil buat jajan, tapi investasikanlah kembali di tahun berikutnya tentunya sebulan bukan Rp100.000 lagi dong, naikin jadi Rp. 150.000 atau lebih. Kalo bisa gaji tahun depan naik, investasi besarnya juga bisa ditingkatkan bukan malah menambah pengeluaran.
6. Pelajari resiko, semakin pintar menganalisa resiko, semakin banyak tau informasi tingkat resiko dari sekian banyak jenis investasi Reksadana, semakin kita bisa meminimalisasi kerugian dan optimalisasi keuntungan.

Menjalankannya memang tidak mudah, tapi buat saya it's a challenge! Ok, sekian tips dari saya, semoga bermanfaat ya,



Ketika saya bisa membeli sepeda anak dari hasil keuntungan investasi saham secara online hanya dalam 1 hari, bukan tidak mungkin jika keuntungan investasi Reksadana yang resikonya lebih rendah bisa saya gunakan untuk membeli rumah impian.

Terima kasih Phillips Securities Indonesia, kamu adalah pahlawan yang memberikan solusi keuangan yang cemerlang dan menjadi salah satu bagian dalam keluarga kami untuk wujudkan mimpi masa depan semudah dalam satu genggaman.
Semoga pengalaman saya ini dapat menginspirasi semua kaum perempuan di Indonesia khususnya ibu rumah tangga untuk meraih kebebasan finansial. Tunggu apalagi, sanggupkah kamu menunda kesenangan hari ini demi kesenangan masa depan yang lebih baik? It's your challenge to change your money lifestyle dengan #WujudkanImpianmu bersama Reksadana Online!



*****

*)Note: Artikel ini telah diikutsertakan dalam lomba yang diselenggarakan oleh Phillip Securities Indonesia dan menjadi pemenang ke 3.

6 comments:

  1. Konten berisi namun mudah dipahami,,,
    Thanks ya uda ngasih masukan2 buat unvestasi..
    Btw, POEMS ini sepertinya hampir sama sistemnya dg app IPOT nya Indopremier securities,,, bener ga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama,cuma di POEMS 1 akun, bisa saham sama reksadana online, ga perlu ribet keluar masuk.. tapi tergantung selera juga sih pake mana, sejauh ini saya pakai 22nya, sama2 oke.. hehe

      Delete
  2. nabung reksadana jangka panjang lbh baik nabung di bank, kena potong biaya admin..

    ReplyDelete
  3. Reviewnya mantap abis! Sekarang saya jadi lebih mengerti lagi soal reksadana. Semoga menang

    Terima kasih ^_^

    ReplyDelete
  4. Mbak, artikelnya mantep banget. Sukaa. Bermanfaat sekali. Kebetulan aku lagi nyari2 artikel buat belajar berinvestasi. Asli capek deh kalo sekedar ngelihatin tabungan. Gak akan kebeli rumah, pasti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-sering main kesini ya..soalnya aku lebih sering bahas soal money talk termasuk investasi. Thanks udah mampir.. :)

      Delete